Wednesday, February 15, 2006

Perkembangan Milis Lingkungan dan Milis Berita Lingkungan tgl

Perkembangan Milis Lingkungan dan Milis Berita Lingkungan tgl 15 Februari 2006

Jumlah anggota Milis Lingkungan <lingkungan@yahoogroups.com> pada jam 09.36 tgl 15 Februari 2006 ini mencapai 1317 anggota (data tgl 29 Desember 2005 = 1272 anggota, data tgl 14 November 2005 = 1241 anggota).

Jumlah anggota Milis Berita Lingkungan <berita-lingkungan@yahoogroups.com> pada jam 09.36 tgl 15 Februari 2006 ini mencapai 701 anggota (data tgl 29 Desember 2005 = 681 anggota).

Walau nambah sedikit demi sedikit, tapi dari waktu ke waktu anggota Milis Lingkungan dan Milis Berita Lingkungan terus bertambah banyak.

Setting Milis Lingkungan dan Milis Berita Lingkungan:
  • Keanggotaan terbuka, siapa saja dapat masuk atau keluar jadi anggota milis.
  • Non ATTACHMENT, semua bentuk ATTACHMENT yang dikirim ke milis akan dihapus secara otomatis oleh Yahoogroups. Hal ini untuk mengatasi banyaknya email bervirus. Sebaiknya ATTACHMENT di-copy-paste di badan email.
  • Status moderasi Milis Lingkungan: moderated for new member. Setiap anggota baru yang masuk milis akan secara otomatis masuk ke dalam status moderated, sampai statusnya diubah menjadi unmoderated oleh moderator milis. Hal ini untuk mengurangi banyaknya spam maupun kiriman email bervirus.
  • Status moderasi Milis Berita Lingkungan adalah searah, dalam artian hanya moderator milis yang bisa mengirim email ke milis. Email balasan dari anggota Milis Berita Lingkungan akan secara otomatis ditujukan kepada moderator milis.
  • Format email di Milis Lingkungan dan Milis Berita Lingkungan adalah email berbasis Text. Setiap email yang berbasis HTML atau image lainnya akan secara otomatis diubah ke dalam bentuk email berbasis Text, dan tentu saja dalam hal ini tata letak email yang bersangkutan akan mengalami perubahan jadi agak aneh. Hal ini juga untuk mengatasi adanya emal bervirus yang �nebeng� dalam format HTML atau image. Tampaknya sekali dibuat milis dalam format email berbasis text, maka tidak bisa lagi diubah menjadi format HTML.
  • Setiap anggota milis dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di milis yang disediakan oleh Yahoogroups, seperti Files, Chat, Calendar, database, dll.

Menurut Adefadli, aktivis lingkungan dan sosial dari Kaltim serta seorang blogger yang sangat aktif meluncurkan artikel-artikel dan renungannya seputaran topik lingkungan mengomentari ttg Milis Lingkungan dan Milis Berita Lingkungan sebagai "sebuah mailing-list lingkungan hidup terbesar di Indonesia" (baca: 234 Blog Lingkungan Indonesia <http://celoteh.timpakul.or.id/2005/12/234-blog-lingkungan-indonesia/>)

Sampai saat ini, moderasi Milis Lingkungan dan Milis Berita Lingkungan dilakukan secara sukarela dan swadaya. Dukungan pendanaan sangat diharapkan dari para anggota Milis Lingkungan dan Milis Berita Lingkungan untuk membiayai kerja-kerja moderasi milis.

Selamat datang para anggota baru di Milis Lingkungan dan Milis Berita Lingkungan. Selamat bergabung, selamat berdiskusi dan berbagi informasi mengenai isu-isu lingkungan.

Salam,
Djuni Pristiyanto
Email: senoaji@cbn.net.id
Jaringan Berita Lingkungan Indonesia (Indonesian Environmental News Network)
Moderator Milis: Lingkungan, Berita Lingkungan, Tapal, WGCoP
Blog: Jalan Setapak <http://djuni.blogspot.com/>
Berita Lingkungan Indonesia <http://beritalingkungan.blogspot.com/>
Peduli Bencana Jember <http://bencana-jember.blogspot.com/>

===============================

Jaringan Berita Lingkungan Indonesia
(Indonesian Environmental News Network)

Tujuan Jaringan Berita Lingkungan Indonesia
1. Memantau pemuatan berita-berita lingkungan di media massa online, website lembaga pemerintah, website NGO/LSM dan website perusahaan (privat company).
2. Memantau blog yang berisikan renungan, pendapat, artikel yang bertemakan lingkungan.
3. Menyebarluaskan berita-berita lingkungan kepada publik yang lebih luas dengan menggunakan media internet.
4. Meningkatkan kesadaran publik (masyarakat) terhadap lingkungan hidup yang baik dan sehat.
5. Mewujudkan upaya-upaya pengurusan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan, berkeadilan dan demokratis di Indonesia.

Program Jaringan Berita Lingkungan Indonesia
1. Moderasi milis-milis bertemakan lingkungan
2. Newsletter Berita Lingkungan Indonesia
3. eKliping (elektronik kliping) Berita Lingkungan Indonesia
4. Website Lingkungan Indonesia
5. Riset terfokus di internet