Thursday, October 19, 2006

rapat koordinasi perangkat kec pundong & lsm 16-10-06

kawan-kawan miliser,

Siang ini (Senin, 16-10/2006) saya ikutan rapat koordinasi rehabilitasi dan rekonstruksi gempa di Balai Desa Srihardono, Kec. Pundong, Kab. Bantul. Pertemuan ini merupakan pemerintah kecamatan Pundong. Pertemuan dimulai jam 09.30 - 12.30 dengan dihadiri sekitar 50 orang, separo peserta adalah warga setempat.

Dari daftar hadir dapat diketahui lembaga-lembaga yang hadir, antara lain: UN OCHA, CRS, SRC (Spanish Red Cross), AAI (Aid Australian Internasional), CORDAID, PMI, PSB, YTBI, PEKERTI, YP2SH, IRD, dan Forkob. Selain itu ada Camat Pundong dan lurah dan kepala dusun di Kec. Pundong.

Pada pertemuan ini saya datang terlambat karena saya datang jam 10.15 dan diskusi telah berlangsung cukup lama. Oleh karena itu tdk banyak yg dapat saya beritakan dari hasil pertemuan itu.

Hasil-hasil pertemuan yang dapat saya rekam antara lain:

# CRS
CRS di Pundong masih "wait and see". CRS juga akan menerima masukan dari masyarakat utk program T-Shelter dan livelihood. Bila tertarik dg CRS silahkan kontak Ferry Iskandar (0815-7943-358), email: fiskandar@id.seapro.crs.org

# SRC (Spanish Red Cross)
- Ada program T-shelter. Bantuan senilai 200 dollar (kalo tidak salah) untuk Desa Panjangrejo. Dari SRC sudah ada panduan (liflet Hunian Transisi PMI dan PM Spanyol). Rumah sementara itu berukuran 3 x 6 m dan berbentuk rumah kotangan. Tim SRC sangat ketat dalam hal ukuran pembangunan rumah itu, karena tidak ingin orang kampung yang dibantu nanti malah tidak bisa menerima dana rekonstruksi dari pemerintah. Antara SRC dan warga masyarakat dibuat MoU untuk penerimaan bantuan rumah sementara ini.
- Akan tetapi, dalam pelaksanaan bantuan ini ada komplain dari warga masyarakat, karena bahan-bahan yang dikirim mutunya rendah dan tidak sesuai dengan spesifikasi bahan dari lifletnya). Tampaknya warga masyarakat yg ikut pertemuan ini rata-rata berasal dari Desa Panjangrejo.
- Nanti sore (Senin, 16-10-2006, sekitar jam 16.00) akan ada pertemuan utk membahas masalah itu antara warga masyarakat di Desa Panjangrejo dengan SRC.
- Bila tertarik dg SRC silahkan kontak Andi Dyah (shelter dan watsan, 0812-6051-864, email: andidyah@yahoo.com.au) atau Naomi Miracle Tobing (livelihood, 0813-9217-7909, email: ntobing@gmail.com)

# Pertemuan berikutnya pada Nopember 2006 di Desa Selohardjo. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi Pak Sadiman, Koordinator Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Kec. Pundong, hp: 0818-0427-0999. Selain itu akan ada pertemuan lanjutan antara para lurah di Kec. Pundong dg AAI (dlm minggu ini juga).

# Koramil
Sekitar jam 11.30 datang seorang tentara staf Koramil yang tinggi besar, rambut keriting dan hitam karena dia berasal dari Indonesia bagian timur. Dia bilang agar lembaga-lembaga yang berkegiatan di Pundong membuat laporan kepada Danramil. Laporan itu berisi perkembangan dan kemajuan kegiatan di wilayah yg bersangkutan, ini juga sehubungan dg kamtibmas di wilayah yang dijaga oleh Koramil tsb.

Komentar :

# Kok bisa SRC (Spanish Red Cross) menyalurkan bantuan utk pembangunan rumah sementara dg bahan-bahan yang kurang mutunya dan kurang dari spesifikasi yg mereka sendiri anjurkan. Dimana pengawasan/kontrol mereka? Apakah dengan hanya menandatangani MoU antara warga penerima bantuan dg SRC maka urusan-urusan lapangan jadi beres? Di mana tanggung gugat SRC?

# Sampai kapan CRS bersikap "wait and see"? Apa prioritas CRS dalam menangani rehabilitasi dan rekonstruksi gempa di Jogja ini?

# Tampaknya sedikit sekali lembaga yang mengawal proses pembangunan rumah tahan gempa yang berasal dari dana DIPA di Pundong? Mungkin Forkob melakukan hal ini.

# Bagaimana dengan validasi rumah, pembentukan pokmas, validasi ulang, RAB pokmas, pencairan dana rekonstruksi, pendamping pokmas? Hal-hal ini kok tidak muncul ya dalam pertemuan ini. Tidak muncul karena tdk ada yang mengawal atau memang tdk dimunculkan oleh perangkat kecamatan yang memfasilitasi pertemuan ini?

Demikian rekaman proses rapat koordinasi pemerintah kecamatan dengan LSM di Kec. Pundong. Bila ada kritik dan saran silahkan layangkan ke: djuni <belink2006@yahoo.com.sg>

semoga berguna.

salam,
djuni