Saturday, August 05, 2006

Berita Bencana di Indonesia 050806

BANDA ACEH HADAPI KRISIS BEKALAN AIR
Berita Harian - Agt 04 3:12 PM

BANDA ACEH: Beberapa kawasan di Banda Aceh yang terjejas oleh bencana tsunami kini mengalami kekurangan bekalan air setelah badan-badan bukan peme rintah yang bertanggungjawab terhadap pengagihan keperluan asas berundur dari kawasan itu.

Gorontalo Punya Sejarah Tsunami
GATRA.com - Agt 04 10:08 AM

Gorontalo, 30 Juli 2006 09:32 Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Gorontalo menyatakan bahwa provinsi tersebut memiliki sejarah terjadinya bencana Tsunami pada Tahun 1990, namun hal tersebut tidak diketahui oleh khalayak ramai.

Presiden: Jangan Kaitkan Bencana Alam dengan Takhayul
GATRA.com - Agt 04 10:08 AM

Kendari, 30 Juli 2006 10:04 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta umat Islam untuk tidak mengkaitkan bencana alam yang akhir-akhir ini melanda tanah air dengan hal-hal yang bersifat takhayul.

Anggota DPR "Pengawal" Proposal Bakal Diungkap
GATRA.com - Agt 04 10:01 AM

Jakarta, 4 Agustus 2006 13:46 Ketua DPR Agung Laksono mengatakan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Aburizal Bakrie segera menyerahkan nama-nama anggota DPR yang melakukan "pengawalan "proposal anggaran untuk dana bencana alam dalam waktu dekat ini.

BALI & NUSA TENGGARA
GATRA.com - Agt 04 9:58 AM

Bali Pasang Enam Alat Deteksi Tsunami Denpasar, 25 Juli 2006 15:18 Pemerintah Propinsi Bali akan memasang enam unit alat pendeteksian tsunami "Early Warning System" di sejumlah pantai yang dinilai strategis, guna mengetahui kemungkinan munculnya bencana tsunami atau gelombang besar.

Minim Peralatan, Kebakaran Hutan di Kalsel Sulit Dipadamkan
Suara Merdeka - Agt 04 9:00 AM

Banjarmasin, CyberNews. Dalam beberapa pekan terakhir kebakaran hutan dan lahan terus berlangsung di Kalimantan Selatan. Minimnya peralatan dan petugas pemadam api menyebabkan upaya pemadaman puluhan titik api yang muncul sulit dilakukan.

Gunung Slamet 'Batuk', Warga Desa Serang Dievakuasi
Suara Merdeka - Agt 04 6:00 AM

Purbalingga, CyberNews. Setelah keganasan Gunung Merapi mereda, kini giliran Gunung Slamet dikabarkan 'batuk-batuk'. Bahkan lava pijar mulai meleleh menuruni puncak gunung di ketinggian 3.425 meter di atas permukaan laut itu.

Nama Anggota DPR "Pengawal" Proposal Bencana Akan Disampaikan
Antara News - Agt 04 4:53 AM

Menko Kesra Aburizal Bakrie dalam waktu dekat akan menyampaikan nama-nama "pengawal" proposal dana bencana alam senilai Rp1,7 triliun ke pimpinan DPR RI, kata Ketua DPR RI Agung Laksono di Gedung MPR/DPR RI Jakarta, Jumat.

Rumah Warga Korban Gempa Bebas PBB
Suara Merdeka - Agt 04 4:45 AM

Yogyakarta, CyberNews. Untuk meringankan beban masyarakat khususnya korban gempa bumi 27 Mei 2006, Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Yogyakarta, membebaskan warga korban gempa bumi yang rumahnya roboh dari pembayaran pajak tahunan.

Besok, Simulasi Penanggulangan Bencana di Pekalongan
Suara Merdeka - Agt 04 4:45 AM

Pekalongan, CyberNews. Seluruh jajaran Muspida Kota Pekalongan Sabtu (5/8), sekitar pukul 09.00 akan menggelar simulasi penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami.

Anggota Kongres AS Main Bola Voli di Aceh
Suara Merdeka - Agt 04 3:15 AM

Banda Aceh, CyberNews. Anggota Kongres Amerika Serikat (AS) Robert Wexler dan keluarga berencana untuk menghadiri pertandingan final Turnamen Bola Voli "USAID-Nike-APL" pada Sabtu, 5 Agustus 2006 di desa Weu Raya, Kecamatan Lhoknga.

Anggota DPR "Pengawal" Proposal Bakal Diungkap
GATRA.com - Agt 04 12:24 AM

Ketua DPR Agung Laksono mengatakan Menko Kesra Aburizal Bakrie segera menyerahkan nama-nama anggota DPR yang melakukan "pengawalan "proposal anggaran untuk dana bencana alam dalam waktu dekat ini.

Menkes Targetkan Vaksin Flu Burung Selesai November
Kompas - Agt 04 12:09 AM

Menkes Siti Fadilah Supari mengatakan, pemerintah menargetkan proses penemuan vaksin flu burung (H5N1) versi Indonesia selesai November 2006. Wali Kota Ambon Dilantik, Pengaman Polisi Ketat Pasangan Markus Jacob Papilaja dan Olivia Ch Latuconsina hari ini dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon periode 2006-2011.

SURYA online
Surya Online - Agt 03 8:04 PM

Lembaga DPR RI sebagai gedung wakil rakyat kembali dihantam isu miring. Sekretaris Menko Kesra (Sesmenko Kesra) Sutedjo Yuwono terang-terangan mengungkap adanya sejumlah anggota DPR RI yang mengajukan proposal penanggulangan bencana ke Menko Kesra.

Wapres : Tsunami Tak Bisa Ditahan
Antara News - Agt 03 7:54 PM

Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengatakan bencana tsunami tidak bisa ditahan oleh siapa pun, dan yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan bagaimana musibah itu tidak menimbulkan kerugian besar.

Presiden: Jangan Kaitkan Bencana Alam dengan Takhayul
GATRA.com - Agt 03 9:58 AM

MTQ ke-21 Kendari, 30 Juli 2006 10:04 Presiden Yudhoyono meminta umat Islam untuk tidak mengkaitkan bencana alam yang akhir-akhir ini melanda tanah air dengan hal-hal yang bersifat takhayul.

Timpang, Struktur Ekonomi Indonesia
Bali Post - Agt 03 9:20 AM

Pertumbuhan UMKM Lebih Lamban dari UB.... Denpasar (Bali Post) - Kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan koperasi kini menghadapi tekanan akibat datangnya berbagai bencana alam yang bertubi-tubi.

Gempa Berkekuatan 6,1 SR Guncang NTB
Bali Post - Agt 03 9:10 AM

Sumbawa Besar ( Suara NTB)- Bencana gempa bumi makin sering melanda berbagai daerah di Indonesia. Rabu (2/8) malam , giliran Sumbawa Barat (NTB) dan daerah sekitarnya diguncang gempa bumi berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR).

Kampus Undip Dipasangi Seismograf
Suara Merdeka - Agt 03 8:30 AM

Semarang, CyberNews . Guna mengantisipasi bencana alam khususnya gempa bumi, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Jawa Tengah memasang seismograf. Proses pemasangan alat itu telah dilakukan sejak pertengahan Juli lalu di Kampus Undip Tembalang.

SURYA online
Surya Online - Agt 02 9:03 PM

Ketua DPR RI Agung Laksono berencana memperkarakan Sekretaris Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Sesmenko Kesra) Sutedjo Yuwono atas pernyataannya yang dinilai mencemarkan nama baik anggota DPR terkait kucuran dana bencana alam.

SURYA online
Surya Online - Agt 02 8:33 PM

Benarkah Indonesia Keluar dari Krisis? Di tengah-tengah terpuruknya ekonomi di Indonesia, secara mengejutkan Wapres Jusuf Kalla menyatakan bahwa saat ini Indonesia sudah keluar dari krisis ekonomi.

SURYA online
Surya Online - Agt 02 7:18 PM

Para penggugat itu antara lain, Prof Dr Amin Rais MA, Drs Kwik Kian Gie, Dr Fuad Bawazier, pakar hukum tata negara UGM Dr Denny Indrayana SH LLM, dan Dr Adi Sulistiyono dari ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia).

Percaloan DPR Kambuh Lagi
Jawa Pos - Agt 02 3:23 PM

Sejumlah Anggota Dewan Tangani Proposal Dana Bencana JAKARTA - Kabar tak sedap kembali berembus di Senayan. Disebutkan, sejumlah anggota DPR sibuk mengurusi proposal pencairan dana bantuan bencana daerah.

Satu Pasien Diduga Kuat Terjangkit Flu Burung
Kompas - Agt 02 11:23 AM

Satu dari tiga pasien suspect flu burung yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Adam Malik Medan, diduga kuat positif menderita flu burung. Stop! Jangan Kecanduan Games